Follow abeezain on Twitter

Bom Cirebon Diduga Terinspirasi Al-Qaeda

Bom Cirebon Diduga Terinspirasi Al-Qaeda - Pengamat Intelijen dan terorisme, Noor Huda Ismail menduga bom bunuh diri di masjid kompleks Polres Cirebon Kota, Jum'at 15 April 2011, terinspirasi gerakan jaringan Al-Qaeda. Menurut dia, Al-Qaeda kerap memakai pengikutnya sebagai martir. "Kelompok teroris itu hanya men-copy paste Alqaeda," kata Noor Huda.





Menurutnya, kelompok radikal Islam di Indonesia tak sampai terpikir memakai modus bunuh diri. Organisasi Islam paling banter itu memakai senjata tapi, bukan bom. "Kelompok kecil ini melihat bom bunuh diri sebagai bentuk amal, jalan menuju sahid," kata Noor. "Yang diincar bukan tempat ibadah melainkan pihak kepolisian."

Kelompok ini juga dilihatnya menganggap kepolisian sebagai musuh nyata. Karena polisi kan sedang memerangi mereka, artinya menyatakan perang ke mujahid. Menurut Noor, jaringan teroris bisa berhubungban dengan teroris lainnya lainnya di Indonesia seperti Umar Patek. "Apalagi polisi baru menangkap Umar Patek," kata Noor.

Seperti diketahui, bom yang diduga bersifat low eksplosive meledak pukul 12.20, menjelang solat jumat di masjid komplek Polres Cirebon. Bom ini diduga menelan korban puluhan luka-luka, mayoritas anggota Kepolisian. Kapolres Cirebon, Kasubag Sumber Daya Manusia, Kasat Lantas, dua anggota Provos, dua PNS, juga turut menjadi korban. Ulama dan anggota masyarakat juga menjadi salah satu dari tujuh belas korban luka.
RIRIN AGUSTIA


Berita terkait : Ini Gelagat Pelaku Bom Cirebon Sebelum Meledak
                       PENGEBOM MASJID CIREBON BERNAMA SYARIF?
                       KORBAN LEDAKAN BOM CIREBON 28 ORANG

0 comments:

related post